Uncategorized

Pengeluaran Tahun 2016

expense-manager

Mencatat dan mendokumentasikan pengeluaran bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi, pencatatan ini penting, karena dengan melakukannya, kita akan tahu, seberapa banyak pengeluaran tiap bulan dan kita akan tahu kemana saja uang yang kita cari dengan susah payah. Bebas 45 seudah melakukan pencatatan sejak menikah, tetapi kemudian berhneti begitu saja dan baru dilanjutkan lagi di tahun 2014.

Bebas45 melakukan pencatatan manual dengan buku (disertai dengan menjepret semua bon and kuitansi halaman belakangnya), dilanjutakan dengan excel dan per 2015 memakai aplikasi expense manager.

 

Aplikasi expense manager ini enak dipakai karena bisa dengan mudah men-summary, men-category dan bisa menjadikan sederhana dengan chartnya yang juga bisa diganti ke pie chart. KEEP IT SIMPLE. Sejak memakai expense manager, pencatatan di excel diganti mengikuti category yang ada di expense manager.

Berikut ini summary pengeluaran :

Family: 48%

Food : 33%

Personal : 12%

Household: 3%

Automobile : 2%

Home Office : 1%

Jika dibanding dengan 2015 :

Terlihat perbedaan di pos personal. Pos personal ini terdiri dari Clothing, Personal Care, Gift, etc . Di tahun 2016, Bebas45 berusaha untuk menekan pengeluaran tidak diperlukan seperti membeli pernik-pernik, baju, sepatu, tas ataupun jam.

Komposisi tahun 2016 ini sduah cukup proporsional. Bagaimana dengan pengeluaran Anda? Apakah Anda sudah melakukan pencatatan?

Note : Bebas45 tidak mendapatkan imbalan apapun dan tidak mempunya hubungan dengan aplikasi Expense Manager. Rekomendasi ini berdasarkan pengalaman pribadi

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s